JOB DESCRIPTION PENGURUS HIMAPSI

PERIODE 2021/2022

Ketua Umum
  • Membuat dan mengesahkan seluruh keputusan-keputusan dan kebijakan yang bersifat strategis (politis) melalui kesepakatan dalam rapat pengurus organisasi.
  • Mengoordinasi dan mengendalikan organisasi.
  • Memimpin rapat-rapat pengurus baik rapat khusus BPH (Ketum, Waketum, Sekum, Wasekum, Bendum, Wabendum, dan Koordinator Departemen) atau rapat umum yang diikuti seluruh unsur pengurus.
  • Memelihara keutuhan dan kekompakan seluruh pengurus organisasi.
Wakil Ketua Umum
  • Menggantikan ketua umum membuat dan mengesahkan seluruh keputusan-keputusan dan kebijakan yang bersifat strategis (politis) melalui kesepakatan dalam rapat pengurus organisasi apabila ketua umum berhalangan.
  • Membantu ketua umum mengoordinasi dan mengendalikan organisasi.
  • Menggantikan ketua umum memimpin rapat-rapat pengurus baik rapat khusus BPH (Ketum, Waketum, Sekum, Wasekum, Bendum, Wabendum, dan Koordinator Departemen) atau rapat umum yang diikuti seluruh unsur pengurus apabila ketua umum berhalangan.
  • Membantu ketua umum memelihara keutuhan dan kekompakan seluruh pengurus organisasi.
Sekretaris Umum
  • Memimpin jalannya rapat yang diselenggarakan oleh pengurus harian.
  • Melaksanakan pengelolaan administrasi kesekretariatan dan melakukan koordinasi antar pengurus dan antar kelembagaan.
  • Bersama ketua membuat surat keputusan dan rencana kerja organisasi.
  • Bersama ketua dan bendahara merupakan Tim Kerja Keuangan (TKK) atau otorisator keuangan di tubuh organisasi.
  • Memfasilitasi kebutuhan jaringan kerja internal organisasi antar bidang.
  • Menjaga dan memelihara solidaritas kepengurusan.
Wakil Sekretaris Umum
  • Mewakili sekretaris umum apabila berhalangan.
  • Bersama sekretaris umum mengawasi seluruh penyelenggaraan aktivitas organisasi di bidang administrasi dan tata kerja serta menghadiri rapat-rapat organisasi.
  • Merumuskan, mengusulkan, dan mendokumentasikan peraturan dan data yang berkaitan dengan aset yang tidak bergerak untuk mendukung kepentingan organisasi.
  • Membuat risalah dalam setiap pertemuan atau rapat-rapat organisasi baik rapat RPO maupun rapat umum.
  • Mengusulkan dan memfasilitasi kebutuhan organisasi.
Bendahara Umum
  • Melaksanakan pengelolaan keuangan dan pengadaan kebutuhan barang organisasi.
  • Mewakili ketua apabila berhalangan hadir terutama untuk setiap aktivitas di bidang pengelolaan keuangan organisasi.
  • Bersama ketua dan sekretaris merupakan Tim Kerja Keuangan (TKK).
  • Merumuskan dan mengusulkan segala peraturan organisasi untuk menjadi kebijakan organisasi.
  • Memimpin rapat organisasi di bidang pengelolaan keuangan dan menghadiri rapat-rapat organisasi.
Wakil Bendahara Umum
  • Mewakili bendahara yang berhalangan hadir terutama untuk setiap aktivitas di bidang pengelolaan keuangan dan kekayaan organisasi.
  • Merumuskan dan mengusulkan segala peraturan organisasi tentang sistem pembukuan keuangan organisasi untuk menjadi kebijakan organisasi.
  • Menyelenggarakan aktivitas pembukuan terhadap transaksi pengeluaran dan pemasukan secara rutin serta membuat laporan keuangan setiap periode.
Koordinator Departemen
  • Merumuskan dan mengusulkan program kegiatan berikut anggaran kegiatan setiap tahunnya untuk disetujui oleh rapat bidang dan organisasi.
  • Mendata dan menginventarisisasi aktivitas dan kegiatan organisasi yang sudah ada untuk diteliti dan dikaji menjadi bahan pengembangan lebih lanjut.
  • Membangun hubungan kerja sama setiap anggota departemen.
  • Menyelenggarakan kegiatan yang sudah menjadi agenda dalam organisasi.

Departemen-Departemen :

Departemen Potensi Akademik
  • Menjadi wadah dalam pengembangan akademik anggota HIMAPSI (khususnya) dan anggota luar HIMAPSI (umumnya).
  • Menjalin hubungan dengan pihak internal maupun eksternal terkait pengembangan kualitas anggota HIMAPSI.
  • Memfasilitasi anggota HIMAPSI yang kesulitan dalam bidang akuntansi.
  • Berkoordinasi dengan departemen lain untuk menjaga kestabilan dalam pengambilan keputusan internal.
Departemen Minat Bakat
  • Menjadi wadah anggota HIMAPSI dalam menyalurkan bakat.
  • Memberikan informasi terkait event atau lomba-lomba.
  • Membuat event untuk meningkatkan kemampuan anggota HIMAPSI.
  • Berkoordinasi dengan departemen lain untuk menjalin kestabilan dalam pengambilan keputusan internal.
Departemen Kaderisasi dan SDM
  • Mencari kader-kader yang berkualitas untuk melanjutkan tongkat estafet kepengurusan HIMAPSI.
  • Melihat potensi yang ada dalam HIMAPSI.
  • Menjadi wadah aspirasi dan keluh kesah anggota HIMAPSI.
  • Mengembangkan sumber daya manusia baik secara akademik maupun non akademik.
  • Berkoordinasi dengan departemen lain untuk menjaga kestabilan dalam pengambilan keputusan internal.
Departemen KOMINFO
  • Menyampaikan segala bentuk informasi serta membidangi segala macam informasi di bidang design dan editing foto ataupun video.
  • Memberikan informasi yang bersifat aktual dan faktual dan bermanfaat bagi mahasiswa.
  • Memanajemen semua sosial media HIMAPSI.
  • Berkoordinasi dengan departemen lain untuk menjaga kestabilan dalam pengambilan keputusan internal.
Departemen Internal dan Eksternal
  • Menjalin relasi baik di dalam maupun luar kampus.
  • Melakukan pengabdian yang sesuai kebutuhan dan berkelanjutan.
  • Membantu apabila terjadi bencana alam maupun yang lainnya.
  • Menjadi wadah kontribusi mahasiswa akuntansi di lingkungan sekitar masyarakat.
  • Berkoordinasi dengan departemen lain untuk menjaga kestabilan dalam pengambilan keputusan internal.